Mengimajinasikan bung Karno Melalui “Imajinasi” bung Karno (sebuah catatan pendek)

SuntingCobalah mengingat kata Albert Einstein, “jika Anda menggunakan logika akan membawa dari A ke B, sementara jika menggunakan imajinasi akan membawa Anda kemana-mana”. Karena imajinasi, kita mampu menembus batasan realitas yang ada. Karena imajinasi, sesuatu yang tidak ada menjadi ada. 

Coba kita ambil salah satu imajinasi beliau dari sebuah pledoi yang dibacakan di hadapan Pengadilan Lanraad Bandung pada tahun 1930, bisa dikatakan begitu fenomenal. Pledoi tersebut berjudul: Indonesia Menggugat! Kalau bahasa Inggrisnya; Indonesia Accuses, atau Indonesie klaagt aan dalam bahasa Belanda. 

Kita setuju bukan, dari tiap kata-katanya, membakar semangat kaum pergerakan di masanya. Dari tiap kata-katanya, ada banyak kritik kepada imperialisme dan kapitalisme. Dari tiap kata-katanya, ada banyak gugatan pada usaha pengkerdilan ruang kaum pergerakan. Serta dari tiap kata-katanya, ada imajinasi-imajinasi tak terbantahkan tentang gagasan masa depan bangsa yang dijajah.

Sekarang mari kita berimajinasi, coba imajinasikan “imajinasi” bung Karno tersebut. Apa yang ada didalam pikiran anda?.

Imajinasi saya seketika tertuju pada kenyataan bahwa; bung Karno adalah ahli pidato yang piawai memainkan retorika dan mampu membakar pendengarnya. Namun bagi saya, beliau adalah seorang deklamator puisi.

“Karya Bung Karno, bukan saja berbobot politis, tetapi juga berbobot sastra,” Saat ada banyak orang terhanyut oleh pidato politik Bung Karno yang berapi-api, ada segelintir orang yang menikmatinya sebagai deklamasi puisi.

Jika puisi adalah wujud ekspresi pikiran dan batin melalui kata-kata terpilih sebagai perwakilan ungkapan makna. Maka ketika pledoi tersebut dideklamasikan sebagai puisi seketika; ketepatan pemahaman, keindahan vokal, ekspresi wajah yang kuat, dan gerak-gerik tubuh yang lebih bebas. Bagi saya ini adalah karya sastra yang sangat-sangat mengagumkan, dibacakan oleh seorang yang mengagumkan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s